Banyaknya bisnis kecil kecilan seperti warung atau toko kelontong adalah salah satu prospek bisnis yang menjanjikan yang di karenakan masyarakat di Indonesia masih sering mencari kebutuhan sehari-hari di warung atau toko klontongan. Bagi sahabat Mitra yang ingin untuk membuka usaha warung atau yang sudah memiliki warung, sebaiknya kamu juga harus memikirkan strategi pemasaran produk warung atau toko klontongan supaya bisa laris.

Lalu, apa saja sih strategi yang harus dilakukan untuk menarik ketertarikan customer ke warungmu? Berikut beberapa cara yang dapat membantu dalam pemasaran produk warung kamu:

  1. Pasang Spanduk

Spanduk menjadi sarana pemasaran yang efektif untuk menarik perhatian customer. Di dalam spanduk sahabat Mitra bisa menjelaskan nama warung, barang apa saja yang di jual, alamat warung, dan kontak yang dapat dihubungi. Kemudian  spanduk dibuat dengan design yang menarik perhatian dan tulisan yang jelas untuk dibaca. Ukuran ideal untuk spanduk sebesar 3x3 meter. Maka dengan adanya spanduk di warung kamu, customer yang lewat bisa melihat dan mengingat warungmu.

  1. Berikan Promo Menarik

Promo tentunya diminati oleh semua customer, maka pengelola warung harus membuat promo menarik yang bisa membuat customer tertarik untuk berbelanja di warung kamu. Walaupun dengan mengadakan promo kamu harus menyediakan budget tersendiri, tapi hal ini menarik untuk dicoba. Customer yang datang karena promo akan merasakan sendiri kenyamanan saat berbelanja di warungmu sehingga mereka bisa datang kembali untuk kunjungan selanjutnya.

  1. Perhatikan Kompetitor

Dalam berbisnis sahabat Mitra harus mencari tau apa saja yang dilakukan kompetitor pada bisnisnya agar tidak kalah saing dengan warung lainnya. Dengan memperhatikan promo apa saja yang diberikan di warung kompetitor terutama untuk harga produk serupa yang dijual di warung kamu. Pastikan customer kamu selalu memilih berbelanja di warung mu dengan pemberian promo yang menarik.

  1. Melakukan Promosi

Promosi mengenai usaha mu wajib dilakukan kepada warga di sekitar warungmu. Jika warung kamu berada di pemukiman warga, promosi dengan mulut ke mulut adalah opsi yang paling tepat. Kamu bisa memberikan info kepada warga sekitar kalau warung kamu banyak menyediakan kebutuhan pokok mereka. Selain promosi dari mulut ke mulut kamu juga bisa menyebarkan flyer atau promosi melalui media sosial untuk mempromosikan warung kamu secara mudah dan efektif.

  1. Tempat Yang Nyaman

Tempat untuk berbisnis seperti warung atau toko klontongan harus memiliki kondisi yang nyaman bagi customer. Diantaranya warung diberikan pencahayan yang cukup, terdapat ruang gerak, dan barang barang tersusun rapih di dalam rak atau etalase kaca agar barang tetap dalam kondisi baik. Dengan begitu customer akan merasa nyaman dalam melakukan transaksi di warung kamu.

  1. Berikan Pelayanan Yang Baik

Pastikan untuk selalu menjaga kenyamanan pembeli pada saat berbelanja. Karena faktor kenyamanan dan keramahan pemilik warung sangat berpengaruh dengan keputusan customer untuk berbelanja di warungmu. Dengan memberikan pelayanan yang baik, kamu bisa menarik banyak calon customer lainnya juga loh sahabat Mitra!

 

Sekarang sudah tau dong cara apa saja untuk memasarkan produk warung kamu agar laris dan diketahui oleh semua customer. Buat kamu yang sedang merencanakan untuk membuka warung atau yang sudah punya jangan lupa untuk menerapkan cara pemasaran di atas ya. Selamat mencoba sahabat Mitra!